The Greatest Guide To belajar

Wiki Article

Dengan demikian Psikologi Pendidikan dapat didefinisikan sebagai psikologi yang menerapkan dan mengembangkan prinsip-prinsip dan teori-teori serta teknik-teknik yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang memadai sehingga guru dapat mengarahkan perkembangan peserta didik ke arah perkembangan yang ideal. Dalam mengarahkan perkembangan tersebut, salah satu ruang lingkup yang menjadi media dan pembahasan dalam Psikologi Pendidikan adalah belajar. Belajar merupakan proses yang harus dilalui setiap individu dalam mencapai tugas perkembangannya ke arah yang best dengan tujuan adanya perubahan perilaku yang “sesuai”.

Sahabat Ali bin Abi Thalib berpesan yaitu “ikatlah ilmu dengan menuliskannya” Karena dengan mencatat kita melakukan tiga hal, yang pertama membaca, mendengar dan menulis sehingga proses belajar jadi lebih baik dan benar.

Menurut Hilgard & Bower, pengertian belajar ialah suatu perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang kemudian disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang di dalam situasi tersebut.

Menyadari bahwa kita tahu, bahwa adalah ketika kita mulai memiliki keahlian pada subjek, tetapi tindakan kami belum berjalan secara otomatis.

Keaktifan belajar ditandai oleh adanya keterlibatan secara ideal, baik intelektual, emosional dan fisik jika dibutuhkan. Pandangan mendasar yang perlu menjadi kerangka pikir setiap Expert adalah bahwa pada prinsipnya anak-anak adalah makhluk yang aktif. Individu merupakan manusia belajar yang aktif dan selalu ingin tahu.

, yakni kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang tertentu sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.

 hasil belajar dalam rangka studi dicapai melalui tiga kategori ranah, dua diantaranya adalah kognitif, dan afektif. Perinciannya adalah sebagai berikut :

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur tempat belajar kamu yang ada di rumah menjadi tempat yang nyaman. Ubah posisi dan juga tampilan ruangan setiap beberapa waktu sekali untuk memberikan suasana yang baru dan lebih segar serta memberikan semangat.

Kamu juga bisa mencari atmosfer yang berbeda dengan sesekali belajar di cafe, taman, atau perpustakaan. Namun, sebelum melakukan cara tersebut, pastikan bahwa keadaan tempat umum yang kamu pilih tidak akan mengganggu proses belajar kamu ya.

Misalnya, seorang mahasiswa telah belajar Psikologi Pendidikan tentang hakekat belajar. Ketika dia mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar, maka pengetahuan, sikap dan keterampilannya tentang hakikat belajar akan dilanjutkan dan dapat dimanfaatkan dalam mengikuti perkuliahan strategi belajar mengajar.

Tidak sedikit orang yang belum jujur dalam belajar yakni masih melakukan plagiat dengan cara belajar mencontek atau yang lainnya. Sehingga proses belajar malah merusak daya kreatifitas dalam menjawab soal soal yang diberikan oleh Expert.

Itulah 4 gaya belajar yang mungkin cocok dan efektif untuk dilakukan. Namun, bisa saja kamu tipe pembelajar yang memiliki berbagai gaya sehingga bisa memadukan satu atau dua metode dengan baik.

Artikel ini disusun oleh tim penyunting terlatih dan peneliti yang memastikan keakuratan dan kelengkapannya.

Untuk menerapkan teknik ini, kamu harus mengatur timer selama twenty five menit sebagai pengingat lama waktu belajar kamu.

Report this wiki page